Sabtu, 13 Februari 2010

GAME

Untuk kali ini saya akan coba untuk membahas tentang game dimana ini merupakan tugas yang diberikan oleh dosen namun informasi yang ada di dalam blog ini juga dapat digunakan oleh kawan-kawan semua yang membutuhkan. Berikut pembahasannya :


Game adalah...

secara garis besar pengertian game adalah permainan. Di dalam dunia teknologi informasi istilah ini digunakan untuk sarana hiburan yang menggunakan perangkat elektronik. Sebuah game merupakan aktifitas terstruktur atau semi terstruktur yang biasanya dilakukan untuk bersenang-senang dan kadang juga digunakan sebagai alat pembelajaran.


Sejarah game...

sebenarnya game atau permainan telah ada sejak jaman dahulu kala namun mungkin pada saat itu belum menggunakan alat bantu yang menggunakan perangkat elektronik dan teknologi seperti sekarang ini. Game yang menggunakan perangkat elektronik dan teknologi disebut dengan game modern. Game ini berawal pada tahun 1958, yakni oleh seseorang bernama Willian Higinbotham (1910-1994). Pada tahun 1958, Willy mendirikan Brookhaven Nation Laboratory’s atau NBL’s Instrumentation Division. Waktu itu Brookhaven akan mengadakan pameran yang dikunjungi oleh ribuan orang yang akan datang ke gimnasium dan labnya. Belajar dari pengalaman pameran sebelumnya, para pengunjung tidak terlalu tertarik dengan pameran biasa, kemudian dia mencetuskan ide untuk membuat sebuah video tennis game. Dengan bantuan teknisi spesialis Roven Dvorak, mereka mulai membicarakan desain tampilan ini. Game ini menggunakan komputer analog yang dipasangkan dengan sebuah osiloskop. Game ini sangat mudah untuk didesain. Sebelumnya komputer analog digunakan untuk hal-hal yang berbau mekanik. Jenis ini tidak mempunyai akurasi seperti komputer digital, di mana hasil akhirnya termasuk kasar pada waktu itu. Menggunakan komputer sebagai otak, display ini diciptakan dengan ukuran layar berukuran 5 inci. Willy menggunakan faktor gravitasi, kecepatan angin, dan pantulan untuk diatur sedemikian sempurna. Dengan menggunakan resistor, kapasitor, tabung hampa, sinar, dan juga transistor terbaru, dia menciptakan sirkuit untuk secara akurat menghitung faktor-faktor tersebut. Dengan menggunakan pengontrol yang terdiri dari sebatang kayu dan juga tombol yang terpasang, pemain menggunakan tombol tersebut untuk memukul bola dan computer akan menghitung sudut kembalinya bola tersebut. Pembuatan game ini dilakukan selama tiga minggu mulai dari desain sampai dengan peluncurannya. Akhirnya penemuan tersebut lenyap setelah tahun 1959 karena Willy tidak pernah mempatenkan karyanya. Sampai akhirnya dibawa kembali untuk dikenalkan pada masyarakat oleh Creative Computing editor David Ahl pada tahun 1983. David adalah salah satu orang muda yang peduli pada karya Willy dan menganggap bahwa penciptanya haruslah diperkenalkan. Penampakannya menyatakan bahwa penemuan Willy adalah penemuan pertama dalam dunia video game. Bagaimanapun anggapan kita tentang video game sebagai alat yang menggunakan tampilan, ataupun hanya sebagai game komputerisasi yang menggunakan tampilan, jelas bahwa penemuan pertama Willy adalah penemuan yang menggunakan komputer untuk pertama kalinya dalam video game. Sampai sekarang ini, komputer terus berkembang dengan pesatnya. Begitu pula dengan game-game komputer. Semakin banyak variasi dan juga hal-hal baru yang ditawarkan dalam sebuah game. Pihak-pihak produsen berlomba-lomba untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya.


Klasifikasi game...

Berikut ini merupakan klasifikasi game yang dibagi menjadi 8 jenis, yaitu :

1. Advergaming

Advergaming merupakan permainan yang digunakan untuk mempromosikan suatu brand atau merek dari produk tertentu.

2. Edutainment

Game ini berbasis education entertainment, yaitu game yang memiliki unsur pendidikan juga entertain. Edutainment game ini bertujuan agar anak-anak lebih tertarik untuk belajar karena didalamnya terdapat unsur permainan yang memang disukai anak-anak.

3. Game-Based Learning

Game yang dirancang khusus untuk membantu dalam proses pembelajaran karena memberikan stimulus pada tiga bagian penting dalam pembelajaran yaitu Emotional, Intellectual, Psycomotoric.

4. Edumarket Games

Merupakan kombinasi dari advergaming dan edutainment.

5. News Games atau Journalistic Games

Game yang mengandung berita atau informasi yang berguna bagi sebagian orang.

6. Simulation Games

Game atau permainan yang digunakan sebagai contoh ataupun simulasi dari sesuatu yang ingin di sampaikan oleh pembuat game itu sendiri.

7. Persuasive Games

Game yang dibuat untuk mendorong atau memotivasi orang yang memainkannya.

8. Organizational-Dynamic Games

Game yang digunakan dalam sebuah organisasi.


Game online...

Game Online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet). Perkembangan game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer Games). Lalu pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai game online semakin cepat. Game online sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

1. First Person Shooter(FPS)

Sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).

2. Real-Time Strategy

Merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.

3. Cross-Platform Online

Merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).

4. Browser Games

Merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.

5. Massive Multiplayer Online Games, adalah game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata

Bedasarkan teknologi grapis

1. 2 Dimensi

Game yang mengadopsi teknologi ini rata-rata game yang termasuk ringan, tidak membebani system. Tetapi game dengan kualitas gambar 2D tidak enak dilihat apabila dibandingkan dengan game 3D sehingga rata-rata game online sekarang mengadopsi teknologi 2,5D yaitu dimana karakter yang dimainkan masih berupa 2D akan tetapi lingkungannya sudah mengadopsi 3D.

2. 3 Dimensi

Game bertipe 3 DImensi merupakan game dengan grapis yang baik dalam penggambaran secara realita, kebanyakan game-game ini memiliki perpindahan kamera (angle) hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan dunia games tersebut. Akan tetapi game 3D meminta spesifikasi komputer yang lumayan tinggi agar tampilan 3 Dimensi game tersebut ditampilkan secara sempurna.

Bedasarkan cara pembayaran

Maksud dari cara pembayaran ini adalah bagaimana perusahaan game online mendapatkan uang dari gamesnya. Bedasarkan kategori ini games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu

1. Pay Per Item

Game yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia. Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost Online,dll.

2. Pay Per Play

Game ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal adalah program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya. Contoh: War of Warcraft,dll.



Sumber : - google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar