Selasa, 25 Januari 2011

Manfaat E-Commerce Bagi Pengguna Bisnis Online

Manfaat e-commerce bagi pengguna bisnis online antara lain adalah sebagai berikut :
1. Bagi perusahaan-perusahaan
Dengan melakukan kegiatan bisnis secara online, perusahaan-perusahaan akan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Jadi, dengan memperluas bisnis mereka dapat memperoleh keuntungan. Kemudian, dengan menggunakan e-commerce dapat mengumpulkan informasi tentang para pelanggan agar perusahaan tersebut dapat mengetahui kebiasaan pelanggan dalam membeli suatu produk. Sehingga perusahaan dapat membuat target periklanannya yang lebih baik.
E-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis di internet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.
2. Bagi Konsumen
Bagi para konsumen pengguna bisnis online lewat e-commerce adalah melakukan bisnis secara online dengan mudah. Pembeli dengan mudahnya mendapatkan semua barang yang diinginkan hanya dengan menggunakan komputer pribadi tanpa harus mengantri di toko dan meninggalkan rumahnya.
Selain itu, keuntungan bagi konsumen adalah pengurangan biaya. Contoh : Perusahaan yang menjual saham secara online, hanya membebankan biaya sekitar $ 10 per perdagangan, yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli saham tersebut melalui perantara saham tradisional.

Secara umumnya, E-COMMERCE merupakan aktivitas perdagangan melalui media internet. Dengan adanya layanan ini banyak manfaat yang dapat memudahkan dalam proses jual beli atau jasa yang diberikan antara lain manfaat bagi pengguna bisnis seperti :
1. Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
2. E-COMMERCE menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (costumer service), jika dibangdingkan dengan jenis bisnis tradisional.
3. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah
4. Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
5. Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.

Secara ringkas keuntungan e-commerce tersebut adalah sebagai berikut:
1. Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
2. Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
3. Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.



Sumber :
      - http://nasari.files.wordpress.com/2010/05/e-commerce.pptx
      - wiwied.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/…/slide_E-Commerce.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar