Sabtu, 30 Oktober 2010

EBC (E-commerce & E-business)

E-commerce (Electronic Commerce ) atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, atau jaringan komputer  lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer data elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat web mulai terkenal di masyarakat. Saat itu banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru antara tahun 1998 dan 2000 banyak bisnis di Amerika dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini. Beberapa perusahaan yang terkenal saat ini di bidang e-commerce adalah eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. 

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tetapi ada faktor-faktor lainnya seperti : 
  1. Menyediakan harga kompetitif. 
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat dan ramah. 
  3. Menyediakan informasi barang yang lengkap dan jelas. 
  4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, undian berhadiah, dan diskon. 
  5. Memberikan perhatian khusus kepada saran dan kritik pelanggan. 
  6. Menyediakan komunitas untuk pelanggan seperti tempat untuk berdiskusi dan sebagainya. 
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan.


E-commerce juga memiliki beberapa masalah, antara lain : 
  1. Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan. 
  2. Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini. 
 
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce : 
  1. E-mail dan messaging 
  2. Content management systems 
  3. Dokumen, spreadsheet, database 
  4. Akunting dan sistem keuangan 
  5. Informasi pengiriman dan pemesanan 
  6. Pelaporan informasi dari klien dan enterprise 
  7. Sistem pembayaran domestik dan internasional 
  8. Newsgroup 
  9. Online shopping 
  10. Conferencing 
  11. Online Banking 
 
Secara teknis, e-commerce merupakan bagian dari e-business karena menurut definisi, e-business adalah semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan atau perdagangan secara elektronik (e-commerce). E-business mencakup semua aspek dalam bisnis, seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan, dan sebagainya. Tidak terkecuali transaksi yang bersifat keuangan (monetary) seperti pertukaran uang dalam transaksi pada e-commerce. 
 
E-business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja e-business memiliki scope yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti rapat di tempat khusus, berkenalan dengan partner bisnis, sedangkan e-business mengandalkan media internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya. Menurut Turban, e-business atau bisnis elektronik merujuk pada definisi e-commerce yang lebih luas, tidak hanya pembelian dan penjualan barang serta jasa, tetapi juga pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, e-learning, dan transaksi elektronik dalam perusahaan (2005:182). 
 
Perbedaan yang mendasar antara e-commerce dan e-business adalah bahwa tujuan e-commerce memang benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang), sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, pemasaran, perancangan produk, dan penanganan masalah sosial lainnya. 
 
Selain perbedaan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya antara e-commerce dan e-business, e-commerce dan e-business juga memiliki kesamaan tujuan utama yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya. E-commerce dan e-business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media internet.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
http://id.wikipedia.org/wiki/E-bisnis
http://aprillins.com/2009/855/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e-business/

1 komentar: